RSS

Liburan di Puncak Part II : Taman Safari Cisarua Bogor & Safari Lodge

16 Jun

Dear all,

Setelah beberapa hari lalu kami share Liburan di Puncak Part I : Taman Bunga Nusantara & Amazing Cipanas. Kali ini share lanjutannya ya, pokok bahasannya Taman Safari Cisarua Bogor dan hotel Safari Lodge, buat yang mau tau lebih lanjut tentang kedua tempat tersebut silahkan boleh baca disini, semoga berguna, selamat membaca :)

Cerita dimulai di hari Kamis 17 Mei 2012 malam, setelah dinner di hotel Amazing Cipanas (See Part I), dikamar kita nonton TV dan sedang menyiarkan kemacetan yang terjadi di puncak di hari itu, kebetulan waktu kita naik ke puncak ga kena macet karena berangkat dari subuh, namun takutnya pas mau pulang kena macet berhubung saat itu kan terhitung long weekend jadi lalu lintasnya ga bisa dipastikan, mau pulang subuh si ayah kecapekan abis berangkat kesininya juga dari subuh terus lanjut jalan-jalan ke taman bunga, jadi kalau harus berangkat subuh lagi capek banget. Lagian sayang juga udah sampai puncak sekalian aja di bablasin liburan ke Taman Safari. Akhirnya diputuskan untuk lanjut liburannya ke taman safari, menginap semalam di Safari Lodge dan nanti baru pulang subuh dari Taman Safari.

Buat yang belum tau Safari Lodge itu adalah hotel yang terletak di dalam kawasan taman safari bogor, lebih terkenal sebagai penginapan dengan caravan dan bungalow tapi ada juga kamar hotel biasanya. Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini : http://www.bogor.tamansafari.com/safari_lo.html

Di tahun 2010 saat Fabian umur 1 tahun 2 bulan, kita pernah nginep di safari lodge juga dan seingat bunda hotelnya cukup murah dan nyaman. Sekali lagi berhubung ini hitungannya long weekend agak takut juga ga dapat kamar disana, soalnya dulu di tahun 2010 saat liburan sekolah mau nginap di safari lodge musti pesan jauh2 hari malah bunda pesan sekitar 1 bulan sebelumnya dan pas cek lagi 1 minggu setelah kita booked eh udah sold out aja semuanya, jadi agak-agak harap-harap cemas ni, telphone-telphone hotelnya berkali-kali ga da yang angkat. Akhirnya pasrah Go Show aja deh kalau udah ga dapat kamar di safari lodge nanti coba hotel royal safari (agak sedikit di luar kawasan Taman Safari ) atau rencananya cari-cari vila yang dekat sana.

Keesokan harinya jam 7 pagi kita udah siap-siap sarapan di hotel Amazing Cipanas, kebetulan memang paket yang kita ambil include dinner dan breakfast. Breakfastnya satu orang bisa pesan satu menu makanan dan minuman, ayah ambil nasi goreng + kopi, bunda & Fabian ambil mie goreng & teh. Selesai sarapan jam 7.30 langsung beres-beres check out langung menuju ke Taman Safari.

Alhamdulillah ga kena macet sama sekali sepanjang perjalanan dari Cipanas ke Taman safari, memasuki gerbang taman safari sudah banyak penjual wortel yang diikat untuk makanan satwa, belajar dari pengalaman 2010 waktu kita ga beli sama sekali dan menyesal setelah lihat di safari track boleh kasih makan hewan yang jinak jadi sekarang kita beli dulu, pake acara tawar menawar dapat 4 ikat wortel besar seharga Rp.10 ribu. beres dapat ransum buat para satwa jinak langsung menuju Safari Lodge untuk cari kamar.

Hotel Safari Lodge letaknya persis di sebelah tiket booth masuk ke Taman Safari, jadi beberapa meter sebelum  tiket booth ada jalan masuk di sebelah kanan langsung ke hotel Safari Lodge. Sampai depan hotel kira-kira jam 9 pagi, bunda langsung menuju ke respsionis tanya apakah masih ada kamar kosong atau tidak. Ternyata tinggal ada 2 kamar standard dan 1 kamar deluxe, dan harganya juga udah jauh beda dari harga 2010, naiknya sekitar 3 kali lipatnya. Saat bunda masih mikir-mikir tiba-tiba orang sebelah bunda udah reserve aja 1 kamar standar berarti tinggal sisa 1 kamar standar dan 1 deluxe, sempet denger dari mas resepsionis yang lagi nerangin ke tamu sebelah bunda kalau deluxe dan standard cuma beda di view kamarnya aja, kamar standar hadap bagian depan hotel, sementara deluxe hadap ke bagian dalam taman safari, sementara harganya agak jauh bedanya, ya sudah langsung bunda putuskan ambil 1 kamar standar untuk 1 malam.

Berhubung hotel sedang fully booked walau bunda udah reserve 1 kamar itu tapi kita belum bisa masuk, baru bisa masuk setelah jam 2 siang, jadi bunda putuskan kita jalan ke taman safari dulu. Gak lupa bunda infokan ke respsionis kalau besok kita mau check out jam 5 pagi dan tanya apakah ada yg jaga di meja respsionis jam segitu?, soalnya kalau nginep disini KTP ditahan dulu nih jadi musti tanya ada orang atau enggak buat ambilnya. Dia bilang ada yang jaga 24 jam, terus dia ingatkan kalau nginep dapat free breakfast dari hotel dan berhubung kita check out jam 5 pagi jadi breakfastnya dialihkan ke hari ini (hari kita check in). Sebenernya udah breakfast di Amazing Cipanas, namun berhubung FREE ya udah dimanfaatin aja, sarapan kedua deh judulnya *We love FREE STUFF :D

Breakfast di Safari Lodge beda dengan di Amazing Cipanas, di safari lodge sistem nya buffet, jadi bisa ambil sendiri sebanyak yang kita mau, menunya Omelet, bubur, sup, roti, omelet. Ga sangka ternyata si ayah dan Fabian masih lahap aja loh makannya (bunda juga denggg hehehehe), ngaku deh gembul family.com kami nih :D

Lanjut abis sarapan langsung ke taman safari mulai safari track. Oh ya berhubung kami menginap di safari lodge jadi dapat potongan tiket masuk 50%, untuk 2 orang dewasa, jadi untuk ayah & bunda cukup Rp. 85 ribu sudah dapat tiket untuk berdua, sementara Fabian harus bayar penuh Rp. 70 rb plus tiket mobil Rp.15 rb. Sekedar tambahan nih dapat info kalau harga tiket taman safari Cisarua Bogor per 1 Juni 2012 sudah naik, silahkan klik disini untuk harga tiket per 1 Juni 2012 : http://www.bogor.tamansafari.com/

Dulu pas kesini tahun 2010 Fabian masih kecil jadi lum banyak kenal binatang, sekarang di umurnya yang ke tiga tahun udah kenal binatang-binatangnya at least yg umum ya. Ada juga beberapa binatang yang ayah & bunda ga tau namanya  (harap maklum major kami di Microbiology, lebih kenal bakteri dari pada binatang :p ). Di daerah yang satwa pemakan tumbuhan seneng banget bisa kasih makan satwa-nya langsung, di beberapa tempat ada mata air yang berfungsi untuk mencuci ban mobil agar bersih dari kotoran, bagian binatang carnivora jendela harus ditutup rapat dan agak-agak tegang. Ada kejadian agak menegangkan di kawasan harimau. Fabian tiba-tiba bilang “Bun itu kok harimaunya lihat-lihat Apap terus ya?” Pas bunda lihat eh iya loh matanya menatap tajam ke Fabian (kaca mobil kami masih memungkinkan orang di luar mobil melihat kedalam walau ga terang 100%), dan waktu mobil berjalan itu mata harimau ga lepas dari Fabian sampai berpaling muka harimaunya lihatin mobil kita.  Tapi Alhamdulillah aman kok, cuma diliatin aja, harimaunya ga gerak cuma matanya aja Mungkin dikira mochi-mochi berjalan kali ya secara bulet gitu mukanya Fabian hehehe.

Selesai tracking kita main-main di kawasan hiburannya, mobil diparkir di kawasan parkir persis keluaran track lalu beli tiket kereta wara-wiri untuk keliling kawasan hiburan. Pemberhentian pertama naik kereta gantung maaf banget lupa harga tiketnya berapa cuma yang masih keingetan kali ini Fabian udah harus bayar kalau naik apa-apa, dulu sih masih free hehehe. Di kereta gantung si ayah mukanya tegang banget, rupanya dia takut soalnya ga yakin sama perawatan kereta gantung, kalau bunda sama Fabian sih enjoy banget malah bisa lihat taman safari dari atas, dan alhamdulillah keretanya aman-aman aja kok, si ayah aja yang rada parno tuh :p

Turun kereta gantung naik kereta wara-wiri ke arena permainan anak,berhubung hari Jumat jadi ayah sholat Jumat dulu di masjid dalam kawasan taman safari yang letaknya dekat dengan permainan niagara. Sementara nunggu, Fabian main naik keretaan, main angsa terbang (mainan yang terbang ke atas diputer-puter lupa nama yang benernya apa) semua dia naik sendiri ga ditemanin bunda. Hebat udah gede anak bun :). Untuk naik mainan di arena permainan ini harus beli tiket lagi harganya mulai dari Rp.10 rb per permainan.

Selesai ayah sholat kita lunch dulu di Rimba Food Court tepat di depan arena permainan. Lalu lanjut naik kereta wara-wiri menuju Cowboy show di bagian atas Taman Safari. Sempet adu mulut sama bapak-bapak menyebalkan di kereta wara-wiri nih. Bunda jujur bukan tipe yang gampang marah sama orang, tapi kalau nyangkut ke anak wuih bunda bisa segalak harimau yang lagi marah deh. Jadi gini, pas naik wara-wiri itu rebut-rebutan sama orang karena keretanya lama ga datang-datang jadi sekalinya datang langsung diserbu, Fabian tuh udah naik di kereta tapi berhubung bunda masih dibawah (bunda pegangin Fabian biar dia naik dulu) si anak ni ga duduk di kursinya masih berdiri nunggu bunda naik, eh dari belakang bunda datang bapak-bapak nyerobot tiba-tiba duduk di kursi yang mau didudukin Fabian, Fabian sampai bengong udah gitu kereta tiba-tiba jalan jadi bunda langsung naik soalnya ga mungkin kan ninggalin Fabian sendiri dan mau nurunin juga udah ga bisa bahaya lah orang kereta udah mulai gerak. Jadi adu mulut sama si bapak-bapak perebut kursi “Sama anak kecil kok ga mau ngalah!!’ udah gitu si bapak-bapak ngotot pula, akhirnya si ayah ikut ngomong ‘Sini lu beraninya sama perempuan sama anak kecil, sini kalau berani sama gw!!!’ si ayah ikutan panas nih, si bapak-bapak lihat ayah yang gede gitu rupanya menciut juga, akhirnya dia mutusin untuk turun. Bangga deh dibelain sama ayah tercinta :).SUMPAH kami bukan keluarga yang suka adu otot ataupun adu mulut, tapi kalau ada yang ganggu keluarga kami jangan harap kami diam aja, kami pasti maju membela keluarga.

Diluar incident kereta wara-wiri itu,  liburan kami di taman safari cukup menyenangkan. Ada 1 precious memorable thing happen yaitu Fabian’s first kiss dari the dolphin, dengan membayar 15 rb setelah dolphin show kita bisa di kiss atau berjabat tangan dengan dolphin, pertamanya Fabian agak takut-takut ragu gitu, pas bunda tunjukin kalau dolphin itu baik  dia mau dan seneng di kiss dolphin, ga habis-habisnya dia cerita terus setelah di kiss si dolphion. So happy :)

Berikut beberapa pictures yang kami ambil selama disana, please enjoy :

Sekitar jam 5 sore kami kembali ke hotel Safari Lodge langsung masuk kamar, tadinya mau ikutan night safari jam 6.30, kalau kita udah ikutan daytime safari untuk night safari-nya dapat discount 50% lumayan banget kan. Tapiii ternyata kita udah pada kecapekan berat sampai untuk dinner aja udah males banget keluar kamar jadi pesen room service aja, oh iya ternyata dinner di Safari Lodge rasanya cukup yummy dan harganya masih cukup wajar, kami pesen I fu mie, sup buntut dan sapo total 100 rb-an. perut kenyang hati senang….

Oh ya review kamar Safari Lodge. Ternyata dengan peningkatan harga 3x lipat dibanding tahun 2010 itu sebanding dengan kondisi kamarnya, kamarnya di re-furnsih, jadi furniture nya baru dan kesannya lebih nyaman dan modern, sekedar perbandingan disini bunda tampilkan picture foto kamar kami di safari lodge type standard tahun 2010 :

Masih standard banget dan furniture nya tampak agak kuno ya, sekarang coba bandingkan sama picture yang kami ambil di tempat yang sama (kamar cuma beda 1 nomer) tahun 2012 ini :

Terlihat bedanya kan? Yang sekarang dengan furniture dan tata ruang baru tampak lebih terang dan moden, ruangannya lebih comfy deh. Jadi ga papa deh harga naik asal pelayanan dan kondisi kamarnya juga meningkat. Salut buat management Safari Lodge :)

Ok deh sekian dulu posting kali ini ya, semoga berguna buat yang lagi cari info tentang taman safari dan safari lodge.

Nantikan sharing berikutnya dari kami.

With Love,

The Firdaus Family

About these ads

13 Comments

Posted by on June 16, 2012 in Uncategorized

Tags: ,

13 responses to “Liburan di Puncak Part II : Taman Safari Cisarua Bogor & Safari Lodge

1. Stella M.

September 28, 2012 at 7:52 am

mau tanya , harga kamar deluxe dan standart waktu nginap brp? mohon info …thanks..

October 9, 2012 at 2:55 am

untuk harga kamar baiknya langsung tanya ke safari lodge mbak, karena takutnya berubah-ubah. silahkan dilihat contact infonya dr link yg ada di posting ini ya :)

2. Hotel di Puncak

December 14, 2012 at 9:01 am

safari loudge sangat nyaman apalagi berada di kawasan taman safari. by: admin Hotel di Puncak

December 14, 2012 at 9:09 am

Setuju!! btw ‘hotel di puncak’ klo the firdaus mo nginep di saafari lodge lagi usahain dapat discount dong ;)

3. Prabu Anom

June 5, 2013 at 4:35 am

Thanks sharing informasinya…
    Happy family always!

Anom,
    Beksi

4. dianworld

June 12, 2013 at 3:01 pm

Your welcome Anom :)

5. nurul akmar redzuan

July 5, 2013 at 4:13 am

Gud info will go there on this coming Sept..

Sangat bahagia lihat keluarga anda. Nice!!

NURUL
    MALAYSIA..

July 5, 2013 at 4:38 am

Thank you Nurul. Hope you will enjoy it as much as we have :)

6. Alfha

April 12, 2014 at 5:55 am

makasih infonya bu..

April 12, 2014 at 6:17 am

Sama2 pak. Smoga bermanfaat ya :)

7. risna

July 30, 2014 at 1:23 pm

maaf bu mau nanya itu kamar yang standard kamar mandinya di dalam kamar kan?soalnya bingung di keterangan agoda kamar mandi bersama katanya..

July 30, 2014 at 1:27 pm

Iya bu ada kamar mandi shower nya di dalam kamar untuk type standar yg di.hotel ya. Klo karavannya sy kurang tau. Krn yg sy pakai yg hotelnya. Silahkan tny langsung saja ke safari lodge. Klo tdk salah ada tlp nya di web nya. Smoga menikmati liburannya ya bu :)