RSS

Make your own Playdough

03 Jun

Dear All,

Mau berbagi cerita lagi nih, kali ini tentang kegiatan buba & Apap membuat homemade playdough, playdough itu sejenis lilin mainan anak-anak, ada yang bilang lilin malam, plasticine dll, yang jelas itu loh lilin mainan yang dipakai anak-anak untuk membuat berbagai macam bentuk, tau kan ya?

Mula nya hari Kamis tanggal 2 Juni 2011 kemarin kan pas libur nasional, tapi semua orang di rumah kayaknya dah punya agendanya masing-masing, jadi tinggal Apap dan buba yang berduaan dirumah, nah mulai deh kita menyusun kegiatan berdua, main ditaman udah, main sepeda keliling udah, makan udah, mandi udah, bobo udah, nonton tv juga udah, apa lagi ya? buba lihat Apap dah mulai bosen tuh, kalau Apap bosen biasanya jadi rewel, tiba-tiba tring buba punya ide, “Membuat home made play dough”, ternyata gampang banget loh buatnya, ga percaya? tuh lihat di picture, Apap aja bisa 🙂

Apap Asyik Bantu buat Playdough

Ini resep yang paling simpel untuk membuat home made play dough, buat yang tertarik pakai resep ini untuk membuatnya silahkan loh diikuti 🙂

Bahan :
– Tepung terigu , banyaknya dikira-kira aja mau buat playdough nya seberapa banyak, kalau yang kemarin buba dan Apap buat sekitar 10 gram

– Air, perbandingan sama tepungnya 1 : 4 (kira-kira.com), pokoknya asal bisa buat tepungnya jadi kenyal

– Minyak goreng, sama kira-kira juga, kemarin untuk 10 gram tepung sekitar 3 sendok makan minyak

– Pewarna makanan, kemarin pakai sekitar 3 tetes

Cara Pembuatan :

– Tepung terigu dimasukin ke wadah piring kecil terus dicampur sama air, diaduk-aduk sambil di remes-remes sampai tepungnya kenyal

– Setelah tepungnya larut semua, masukkan minyak goreng, terus diuleni lagi (diremes-remes) sampai mencampur rata, tujuan dimasukkan minyak goreng ini supaya ga terlalu lengket, klo terlalu lengket ga enak dimainin playdough-nya nyangkut-nyangkut ditangan ga bisa dibentuk.

– Setelah kira-kira tuh playdough dah enak buat dipegang-pegang dicampur dengan pewarna makanan, ga usah terlalu banyak yang penting ada warnanya supaya lebih menarik. Berhubung ternyata kemarin di dapur ga ada pewarna makanan kita pakai pembuat aroma makanan, kebetulan adanya yang aroma strawberry dan ternyata ada warnanya juga, malah jadi lebih menarik karena jadi berwarna dan wangi, bisa jadi alternative yang lebih baik tuh ternyata 🙂

Daaaannn…. taraaammm…. Jadilah Homemade Playdough ala buba & Apap, asyik loh mainin playdough, lihat deh pict-nya disini :

Apap asyik main Playdough, hampir mau dijilat karena wanginya enak :p

Main playdough banyak manfaatnya loh, salah satunya melatih motorik anak supaya lebih baik, bisa juga untuk mengenalkan bentuk ke anak, berhubung ini kali pertama Apap mainin playdough jadi buba lum sempet beli cetakan-cetakannya (ada yang mau kasih hadiah ga?hehehe ngarep.com), jadi bikin bentuknya sebisanya aja, waktu buba tanya “Apap mo bikin apa?”, Apap jawab “Bikin mie”, beneran loh ternyata dia bisa bikin bentuknya jadi panjang-panjang mirip mie, tapi montok hehehe gede-gede.

Terus hasil karya Apap itu buba pakai, buba gabungin,  jadi deh nama “FAB” dari playdough, lihat hasilnya disini ya :


Hasil Playdough buatan Apap & Buba

Kalau agak kurang rapih hasilnya punya kami maafkan ya, maklum buatan anak 2 tahun pintar dan buba-nya (buba- nya sama sekali ga berjiwa seni) hehehe 😛

Yang pasti bikin playdough bareng ternyata asyik banget loh, buat yang mau ikuti resep simpel ini silahkan, btw buat yang mau cari resep playdough homemade lainnya silahkan di google-ing aja, ada banyak macamnya, yang buba & Apap pakai disini kreasi kita sendiri berdasarkan barang-barang yang ada di dapur aja, ada beberapa resep playdough yang dimasak jadi lebih aman kalau termakan, malah sempet lihat ada juga yang bisa tahan sampai 3 bulan, kalau resep yang kita pakai sih paling cuma kuat beberapa jam, soalnya pas hasilnya ditunjukin ke ayah di sore hari (kita bikinnya siang hari), playdough-nya udah mengering dan keras, so buat yang mau buat bisa disimpen lama, silahkan di lihat resep yang disini http://www.creativekidsathome.com/activities/activity_8.html

Selamat mencoba para bunda, kalau ada yang punya resep homemade playdough yang lebih gampang dan lebih bagus, monggo silahkan sharing ke kita ya 🙂

Sekian dulu cerita kali ini, tunggu cerita kami berikutnya ya.

With Love,
The Firdaus Family

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on June 3, 2011 in Uncategorized

 

Tags: , , ,

2 responses to “Make your own Playdough

  1. Kiki

    June 5, 2011 at 5:52 am

    woii..cu2 uti..emang paling pinter se dunia..mukanya lucu klo lagi serius..

     
    • dianworld

      June 6, 2011 at 12:28 am

      Hehehe iya buba juga suka mukanya Fab klo lagi serius lucune pollllll 🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: