RSS

Kontes foto (photo contest) di Instagram

24 Mar

Dear all,

Hai hai… kali ini mau berbagi berita lagi nih, tentang photo contest yang banyak bertebaran di instagram. Saat ini emang lagi musimnya ya banyak bgt bermunculan eopc (event organizer photo contest) di Instagram. Ada yang iming imingi free all (ga bayar apa2), ada yang hanya bayar ongkir, ada yang bayar biaya pendaftaran (bp) di awal, ada yg bp akhir (bayar hanya jika menang).

Biasanya sesuatu yang banyak dan beragam itu suka memicu perdebatan, photo contest ini pun begitu. Beberapa yg sempet memanas di dunia Ig:
1. Free tapi hadiahnya abal-abal ga mutu.
2. Free tapi ongkirnya dimahalin jadi untung dari ongkir.
3. Eopc kasi free tapi banyak sponsor yg harus diikuti.
4. Eopc perdana yg coba2 kasi free tapi banyak syarat dan akhirnya ga profesional jadi menuai kecaman.
5. Bp awal murah tapi kuota peserta buanyak dan yang kategori juara dikiiiit.
6. Bp akhir dianggap bukan lomba tapi jualan piala.
7. Eopc tipu tipu…hadiah ga dikirim.

Nah coba dikulik kulik satu satu berdasarkan pandangan pribadi bunda ya. Klo untuk yang free ga bisa banyak komentar sebenernya. Abis gimana beggars can’t be choosers. Eh bisa sih pilih2 dikitlah walaupun free.. pilih yg hadiahnya sesuai keinginan tapi ya disesuaikan juga klo event perdana tp hadiahnya wow bgt dan kategori pemenang banyak ya perlu dijadikan pertimbangan, bisa  dipercaya kah? Jangan2 ongkir digedein atau malah ga dikirim sama sekali nantinya.

Atooo… klo free tapi hadiah abal abal nah ini balik ke pribadi masing2 abal abal kan beda penilaiannya, buat satu orang jelek buat yg lain blum tentu, lagian free ini ga papa lah dicoba.

Nah klo yg free banyak syarat harus follow sponsor? Yang ini calon peserta mustinya maklum ya kan buka eopc dan mau kasi hadiah yg ga abal abal butuh modal bu.. jd butuh sponsor. Keberatan follow sponsor? Ya ga usah ikut, gampang kan.

Yang paling nyebelin yang free banyak syarat tapi ga profesional, ga profesionalnya macem2 mulai dari yang nomer peserta (nopes) acak kasihnya ga sesuai urutan tag dan hashtag, sampe ada yg kelompatan dan berakhir ga dapat nomer, ada yang di complaint malah bales dgn ngomel marah2 galak ga sopan, ada yang ga diumum-umumin pesertanya, ada yg hilang aja gitu bagai ditelan bumi akunnya di delete… ck..ck.. geleng geleng deh.

Klo soal bayar BP awal atau akhir diributin menurut pendapat bun aneh juga ya? Secara yg bayar itukan pribadinya peserta. Klo dia-nya yg keluarin duit gak keberatan lah kenapa yg bukan peserta malah ribut.

Yang bilang BP akhir itu cuma modus jual piala…hellow… udah pernah ikut yg BP awal? Taukan mereka biasanya kuotanya banyak? Buat apa coba? Ya buat dapat untung dari uang pendaftaranlah… pemenangnya biasanya lebih sedikit dari yang bp akhir. Jadi ya sama aja niatnya ya cari untung juga. Sama aja kayak yg dibilang jualan piala.

Satu point lagi nih, klo memang cuma niat jual piala ngapain repot2 bikin eopc? Langsung aja kali jualan… ga usah pake pilih pemenang semua aja dimenangin biar makin untung. Ada eopc kayak gini? Ada sih tapi kebanyakan lebih profesional kok. Klo lu kalah ya lu ga dapat piala ga usah bayar. Maksa minta piala walaupun kalah? Hemm klo yg ini silahkan cari toko pengrajin pembuatan piala dan beli sendiri aja bu lebih pasti dapat pialanya dari pada ikut kontes…hehehe…jangan jadi yang type ini ya bu ibu… siap menang ya siap kalah juga.

Milih bayar buat join suatu EOPC kan tiap orang punya pertimbangan masing2 dan harus tau juga konsekuensinya. Termasuk di dalamnya hadiah lambat kirim atau malah ga dikirim sama sekali. Klo untuk yg lambat kirim silahkan loh kejar kejar eopc nya tanya tanya kenapa lama. Klo bunda lihat lihat dari souvenir hadiahnya, hadiah yg custom made pastinya butuh waktu yg lebih lama, jadi ya sabar…. sampe kapan sabarnya? Sampai yang menurut kita udah di luar batas sabar (tergantung orang ya).

Klo udah ga sabar? ya kayak yg td bun bilang di atas silahkan kejar eopc minta penjelasan. Klo sampe ga dikirim kirim dan tanpa penjelasan berarti masuknya penipuan. Silahkan laporkan ke group blacklist contohnya yg di Id IG blacklist_contest. Klo perlu boleh loh bawa ke polisi karena sudah terhitung penipuan. Silahkan ajak sesama peserta lain untuk lapor juga jangan lupa kumpulkan bukti2nya termasuk bukti transferan supaya kasusnya kuat. Beberapa bank klo ga salah punya pilihan untuk menarik kembali transferan bila ada tuduhan penipuan asal ada buktinya dan buktinya kuat.

Sebenernya pilih pilih join ke photo contest dari suatu eopc itu ga cuma pake otak tapi pake hati juga.

Pake otak untuk cari eopc yang jelas, eopc terkenal yang sudah banyak event biasanya lebih aman, klo eopc baru? Amannya pilih eopc yang berani gabung ke group IG yang punya list blacklist untuk eopc nakal, jadi klo dia macem2 ya langsung si eopc kena akibatnya dari grup tersebut, matilah riwayatnya klo macem2 ganti nama pun percuma dilacak terus oleh grup, atau at least kontak info penyelenggara jelas terpampang di bio eopc, semakin banyak kontak info InsyaAllah semakin baik.

Pake hati karena sometimes insting berbicara. Klo hati bilang jangan baiknya ga usah ikut. Biasanya justru si hati ini yang paling kuat peranannya. Jadi… Trust your heart bu ibu.

Selama ini alhamdulillah bunda ikuti eopc aman dan terpercaya. Pernah sih menang dan disuru bayar ongkir lumayan gede diluar standard tp trus ya bunda positive thinking aja lah mungkin karena perdana dan free jd dia ambil untung di ongkir. Pernah beberapa kali ikut yg banyak syarat trus kelewatan ga dapet nopes wakti ditanya baik2 eh si eopc nyolot, klo udah gitu ya unfollow dan block aja.. let it go and carry on cari eopc lain.

Doyan bgt sih ikut photo contest. Eksploitasi anak ya?? Hahahahah klo ada yg nuduh gini mending diketawain aja.. lha wong anak anak saya si duo cindils itu doyan gaya dan doyan di foto. Jd why not sekalian ikutin contest. Alhamdulillah sering juga menang jadi tambah bangga dan tambah prestasi buat mereka. InsyaAllah gedenya nanti mereka juga bangga punya banyak piala dan piagam serta hadiah. Yang pasti tidak ada paksaan buat anak anak saya untuk bergaya ataupun di foto. Terserah mereka aja. Dan untuk hadiah pun klo ada pilihan bun serahkan ke mereka mau yg mana.

Ini beberapa foto eopc yang sudah pernah kami ikuti dan Alhamdulillah menang.

image

Hadiahnya? Umumnya sih eopc  kasi piala dan piagam, klo souvenirnya baru beragam. Yang pernah kita menangkan selama ini mulai dari cincin emas anak, tas mango dan ysl, power bank, tas karakter anak, tas ransel, bantal foto, boneka, tempat makan dan minum sampai voucher dari online shop. Beberapa hasil eopc yang kasih free, beberapa bayar ongkir aja, beberapa bayar bp ada yang awal ada yang akhir.

Ini beberapa pictures hadiahnya.

image

Eopc yang pernah kita ikuti dan baik penyelenggaranya : shabee photo contest, purplepink_photocntest, happybabykiddy, happysmile_photocontest, cutephotocontes, moonsunbabycontest, moonphotocontest, bintang_photocontest dan wegotstar. Mereka ada dalam ingatan sebagai eopc yang baik menurut bubda karena selain hadiahnya beneran kami terima, kualitasnya baik, dan organizer nya komunikatif untuk menjelaskan status hadiah dan pengirimannya. Yang happysmile bun suka momminnya karena piala Vio yang patah karena pengiriman dia ganti baru tanpa banyak alasan. Bukan berarti yg ga disebut disini gak baik loh cuma kebetulan ini yang keingetan baiknya. Semoga mereka tetap mempertahankan kepercayaan dari pesertanya ya.

Cukup sekian dulu ya sharing dari kami tentang photo contest di IG. Semoga bisa jadi bahan masukan yang positive untuk yang mau ikutan join eopc baik sebagai penyelengara maupun peserta.

Yang pasti yakin aja apa yang kita tanam akan kita tuai, jadi penyelenggara eopc dan peserta sama sama harus fair, jangan banggalah kena blacklist, nyakitin hati orang apalagi nipu pasti ada balasannya klo ga di dunia ya di akhirat nanti. Dan baiknya sih sama sama positive thinking ya. InsyaAllah semua yang dimulai dengan kebaikan akan berakhir dengan kebaikan pula.

Nantikan sharing dari kami berikutnya.

With love,
The Firdaus Family.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 24, 2015 in Uncategorized

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: